Jumat, 09 Maret 2012

Kemampuan ayam aduan sangat tergantung pada kesehatannya. Kondisi kesehatan juga sangat tergantung dari pakan dan minuman yang diberikan kepada ayam aduan. Pemberian pakan yang tepat, dengan demikian, sangat penting untuk diperhatikan.Makanan yang diperlukan oleh ayam aduan datang dari dua sumber, yakni protein dan karbohidrat. Karbohidrat adalah persenyawaan karbon dan hidrogen, seperti pada gula, tepung kanji dan selulose. Protein sendiri merupakan persenyawaan yang mengandung unsur nitrogen, seperti yang ditemukan pada abumin, fibrin, dan caesin yang membentuk jaringan-jaringan pada ayam aduan.Dengan mengetahui komposisinya, kita akan bisa memberikan pakan untuk ayam aduan berdasar mutunya dan bukan pada murah dan mahalnya harga. Banyak penghobi ayam aduan, yang mengorbankan mutu ayam aduan mereka dengan memberi pakan yang asal murah.

Di alam bebas atau di habitat aslinya ayam aduan memakan biji bijian, hijau-hijauan, buah-buahan, dan juga serangga kecil. Pemberian satu jenis pakan saja dapat membuat ayam aduan bosan dan kurang nafsu makan. Akibat pemberian satu jenis pakan untuk jangka panjang adalah ayam aduan akan kekurangan atau kelebihan gizi, vitamin, dan mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Jadi, harus diusahakan memberi ayam aduan dengan menu pakan yang bervariasi.Sebenarnya mencampur pakan sendiri untuk ayam aduan bisa kita lakukan asal kita tahu tentang keperluan ayam aduan dan nilai gizi dari biji-bijian dan semua bahan yang kita pakai. Cara ini bahkan lebih baik, sebab kita dapat membuat campuran yang sesuai dengan keperluan ayam aduan.Ayam aduan yang diternakkan memerlukan protein yang tinggi, ayam aduan muda/lancur memiliki kebutuhan protein yang berbeda dengan ayam aduan yang sdh turun di arena.Begitu pula campuran makananan di musim kemarau berbeda dengan keperluan campuran pakan pada musim penghujan. Ada juga orang yang memberikan pakan dengan cara berbeda, tergantung kebiasaan dan tujuan khusus pemberian pakan dengan cara yang berbeda tersebut.

Banyak penghoby ayam aduan yg kurang memperhatikan kualitas kebersihan pakan,yg akan dimakankan ke ayam piaraannya.Padahal dpt memberikan efek negatip pada performa ayam aduan. Diare terjadi akibat pakan yang kotor, busuk, berjamur, tidak cocok. Cara pencegahannya adalah dengan menghindari pemberian pakan tersebut serta mencuci wadah pakan dan mengeringkannya sebelum menggunakannya kembali. Karenanya pakan ayam aduan sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, terhindar dari suhu yang panas dan terhindar dari sinar matahari langsung dan juga tempat yg lembab.

Kondisi suhu dan kelembaban yang fluktuatif akan mengakibatkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakan menurun, terlebih lagi untuk kandungan vitamin maupun protein. Selain itu, kondisi ini akan mengakibatkan serangga bisa berkembang lebih cepat, akibatnya bisa merusak kualitas pakan secara fisik, kimia maupun biologi.Jamur juga dapat tumbuh dengan lebih cepat. Jamur yang mengkontaminasi ini akan mengakibatkan berkurangnya kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan baku. Selain itu, jamur yang telah tumbuh pada ransum atau bahan baku ransum dipastikan akan langsung memproduksi racun, yaitu mikotoksin, seperti halnya aflatoksin, racun yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus. Keberadaan jamur bisa dengan mudah dihilangkan dari ransum, namun tidak demikian dengan racun jamur. Saat telah mengkontaminasi pakan, racun jamur ini relatif sulit untuk dihilangkan, baik melalui perlakuan fisik, kimia maupun biologi. Dan efek atau pengaruh racun jamur ini terhadap ayam ialah immunosuppressive atau menekan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahannya dgn cara: Wadah pakan dan minum ayam aduan juga harus selalu dibersihkan sehingga tidak menjadi tempat tumbuhnya parasit dan jamur,sanitasi lingkungan kandang/kurungan dan kualitas kebersihan pakan.Dan jangan lupa juga kebersihan botoh/perawat ayam aduan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar